HefLdMeicEtUwtueWBWH3PTTkGBfKDvF5ornRJYT
Bookmark

Download Terjemah Kitab Ihya Ulumuddin Lengkap

Assalmualaikum Wr. Wb.

Download Terjemah Kitab Ihya Ulumuddin Lengkap

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini ziyad-arwa akan membagikan salah satu kitab kuning yang bertemakan Tasawwuf karya terbesar Imam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al Ghazali ath-Thusi asy-Syafi'i yaitu Kitab Ihya Ulumuddin.

Kitab Ihya Ulumuddin adalah kitab yang paling terkenal karangan Imam Ghozali, meskipun ada berpuluh lagi karangan Imam Ghozali yang lain, dalam berbagai bidang Ilmu Pengetahuan Islam. Namun yang menjadi inti sari dari seluruh karangan-karangan Beliau itu ialah Ihya Ulumuddin.

Beliau memilih nama judul kitabnya " Ihya Ulumuddin ", artinya ialah " Menghidupkan Kembali Pengetahuan Agama ".

Kitab Ihya Ulumudin (احياء علوم الدين ) memiliki tema utama tentang kaidah dan prinsip dalam penyucian jiwa yakni menyeru kepada kebersihan jiwa dalam beragama, sifat takwa, konsep zuhud, rasa cinta yang hakiki, merawat hati serta jiwa dan senantiasa menanamkan sifat ikhlas di dalam beragama.

Kandungan lain dari kitab ini berkenaan tentang wajibnya menuntut ilmu, keutamaan ilmu, bahaya tanpa ilmu, persoalan-persoalan dasar dalam ibadah seperti penjagaan thaharah dan salat, adab-adab terhadap al-Qur'an, dzikir dan doa, penerapan adab akhlak seorang muslim di dalam berbagai aspek kehidupan, hakikat persaudaraan (ukhuwah), bimbingan memperbaiki akhlak, bagaimana mengendalikan syahwat, bahaya lisan, mencegah sifat dengki dan emosi, zuhud, mendidik rasa bersyukur dan sabar, menjauhi sifat sombong, ajakan sentiasa bertaubat, pentingnya kedudukan tauhid, pentingnya niat dan kejujuran, konsep mendekatkan diri kepada Allah (muraqabah), tafakur, mengingat mati dan rahmat Allah, dan mencintai Rasulullah SAW.

Monggo bagi yang tertarik untuk mempelajari kitab Ihya Ulumuddin silahkan download kitabnya

Kitab Ihya Ulumuddin Arab ( Format PDF Teks )

Terjemah Ihya Ulumuddin ( Format PDF )

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Post a Comment

Post a Comment