HefLdMeicEtUwtueWBWH3PTTkGBfKDvF5ornRJYT
Bookmark

Cerita Tentang Hujan Di Hari Jum'at

Assalamualaikum..

Cerita Tentang Hujan Di Hari Jum'at

Ada kabar atau desas desus atau isu yang sering beredar di kalangan masyarakat terutama masyarakat Cilempung Desa Pasirjaya bahwa " Jika hujan di hari Jum'at biasanya besok besoknya akan hujan terus " apakah itu mitos atau fakta???

Dan kali ini Bidayatul Hidayah akan bercerita dan cerita ini saya ambil dari hadis Rasulullah yang mungkin ada hubungannya dengan kabar tersebut.

عن أنس رضي الله عنه قال اصاب اهل المدينة قحط على عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم فبيناهو يخطب يوم جمعة اذقام رجل فقال يارسول الله هلكت الكراع هلكت الشاء فادع الله يسقينا فمد يديه ودعا قال أنس وان السماء كمثل الزجاجة فهاجت ريح انشأت سحابا ثم اجتمع ثم ارسلت السماء عزاليها فخرجنا نخوض الماء حتى اتينا منازلنا فلم نزل نمطر الى الجمعة الاخرى فقام اليه ذلك الرجل او غيره فقال يارسول الله تهدمت البيوت فادع الله يحبسه فتبسم ثم قال حوالينا ولاعلينا فنظرت الى السحاب تصدع حول المدينة كأنه اكليل

Dari Anas RA berkata:

Pada masa Rasulullah waktu itu penduduk kota Madinah terkena kemarau panjang, pada saat Rasulullah akan khutbah di hari jum'at, tiba-tiba ada seorang lelaki yang berdiri dan berkata:
" Ya Rasulullah! Semua kuda dan domba banyak yang telah mati, maka berdo'alah Engkau kepada Allah agar menurunkan hujan untuk kami.
Kemudian Rasulullah mengangkat tangannya dan berdo'a.
Anas berkata: Sungguh waktu itu langit seperti serpihan kaca, lalu angin berhembus menciptakan segumpalan awan, seketika itu hujan pun turun dari langit. Jadi kami pergi mengarungi air sampai tiba dirumah kami dan hujan pun tak kunjung reda sampai jum'at berikutnya.
Kemudian lelaki itu berdiri lagi dihadapan Rasulullah dan berkata:
" Ya Rasulullah! Rumah-rumah runtuh karena hujan tak kunjung reda. Maka berdo'alah Engkau kepada Allah agar hujan ini berhenti.
Rasulullah pun tersenyum, dan bersabda: " Di sekitar kami dan tidak diatas kami"
Kemudian aku melihat awan yang terpecah di sekitar Madinah seolah-olah itu adalah karangan bunga. ( H.R. Bukhori )

    Jadi, mengenai adanya kabar ketika hujan di hari jum'at maka besoknya akan hujan terus bahkan bisa sampai jum'at berikutnya, mungkin ada hubungannya dengan cerita diatas. 

Entah itu mitos atau fakta, tapi yang pasti dan harus diyakini bahwa semua kejadian yang terjadi di dunia ini adalah Qudroh dan Irodah-Nya Allah SWT. والله أعلم

Itu saja yang bisa saya ceritakan, jika ada kesalahan atau kekeliruan silahkan tegur saya melalui kolom komentar atau melalui kontak.

Terimakasih sudah berkunjung.

Referensi: Kitab Shohih Bukhori

Wassalamualaikum....

Post a Comment

Post a Comment