HefLdMeicEtUwtueWBWH3PTTkGBfKDvF5ornRJYT
Bookmark

Jenis-Jenis Kertas

Definisi Kertas

Kertas adalah bahan yang tipis dan rata, yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp. Serat yang digunakan biasanya serat alami serta mengandung selulosa dan hemiselulosa. Kertas dikenal sebagai media utama untuk menulis, mencetak, serta melukis dan banyak kegunaan lainnya yang dapat dilakukan dengan kertas, seperti untuk pembersih (tisu) yang digunakan untuk hidangan hingga kebersihan. 

Jenis Dan Karakteristik Kertas

Kertas memiliki jenis-jenisnya yang berbeda satu sama lain. Setiap jenis kertas ini memiliki ciri-cirinya masing-masing. Adapun jenis-jenis kertas, antara lain:

1. Kertas Dupleks

Jenis kertas dupleks memiliki satu sisi putih dan sisi yang lain berwarna abu-abu. Sisi putih ada yang coated dan ada juga yang non-coated. Kertas ini umumnya dipakai untuk pembuatan kardus pembungkus makanan maupun obat-obatan. Gramatur/berat kertas mulai dari 250gr, 270gr, 310gr, 350gr, 400gr, 450gr, hingga 500gr.

Selain itu, kertas ini juga banyak digunakan untuk pembuatan boks karena harganya relatif murah dibandingkan dengan bahan yang lain. 

2. Kertas CWB (Coated White Board/Dupleks Putih) 

Jenis kertas CWB secara umum sama seperti kertas dupleks, hanya bagian dalamnya putih, sehingga terlihat lebih bersih. Banyak digunakan untuk box/dus dan kemasan makanan. Ukuran berat kertas dimulai dari 230gr, 250gr, hingga 300gr.

3. Kertas BC/BW/Manila

Jenis kertas ini memliki tekstur yang halus, namun tidak coated. Tersedia dalam beragam warna. Bisa digunakan untuk mencetak kartu nama, sertifikat, dan lain-lain. Ukuranberat kertas mulai dari 160gr, 220gr, hingga 250gr.

4. Samson Kraft Paper

Jenis kertas ini dibuat dari bahan kertas yang berasal dari daur ulang dan memiliki warna cokelat. Biasanya dipergunakan untuk membuat paper bag dan bungkus. Ukuran berat kertas yang sering dipakai berkisar 70gr dan 80gr.

5. Yellow Board Paper

Jenis kertas ini cukup tebal, biasa digunakan untuk rangka dalam undangan hard cover. Kertas ini tidak bisa dicetak offset, biasanya dilapisi dengan art paper atau dupleks. Kertas ini dibedakan berdasarkan ketebalannya, biasanya disebut YB 30 dan YB 40.

6. Corugated/Karton

Corugated Paper adalah jenis kertas bergelombang untuk kardus indomie, kardus komputer, dan lain-lain. Sama halnya dengan Yellow Board, kertas ini biasanya ditempel dengan kertas lain dan hanya dicetak dengan warna minimal. Selain itu, warna dari corugated hanya terdiri dari warna cokelat saja, jadi sulit untuk dikreasikan. Untuk ukuran ketebalannya, kertas ini memiliki perbedaan, antara lain:

  • White double wall kraft medium
  • Double kraft wall medium kraft
  • Double wall kraft medium-medium
  • Single wall kraft medium-medium
  • Single wall kraft medium kraft
  • Efloat

7. Ivory Paper

Jenis kertas ini hampir sama dengan art carton, tetapi ivory hanya mempunyai satu sisi licin, sisi yang lain tanpa coating, dan warna yang lebih buram. Ivory banyak digunakan untuk paper bag dan dus kosmetik. Karakteristiknya cukup tebal dengan ukuran berat kertas mulai dari 210gr, 230gr, 310gr, hingga 400gr.

8. Kertas HVS

Jenis bahan kertas ini memiliki permukaan kasar. Biasa digunakan untuk fotocopy atau printer. Selain itu, digunakan pula untuk mencetak buku. Ukuran berat kertas ini mulai dari 60gr, 70gr, 80gr, hingga 100gr.

9. Art Paper

Art Paper adalah jenis kertas yang mempunyai tekstur permukaan licin dan halus, namun terdapat pula yang semi doff (matt paper). Biasa digunakan untuk mencetak brosur, majalah, dan katalog. Ukuran berat kertas dimulai dari 85gr, 100gr, 115gr, 120gr, hingga 150gr. Bahan art paper tidak cocok untuk dijadikan media menulis karena permukaannya licin, oleh karena itu art paper kerap digunakan untuk cetakan yang sifatnya promosional dan berukuran kecil, seperti kartu undangan atau kartu nama. 

10. Art Carton

Kertas jenis adalah kertas yang memiliki karakteristik sama dengan art paper, hanya lebih tebal. Biasanya dipakai untuk mencetak kartu nama, cover buku, brosur, paper bag, map, dan lain-lain. Ukuran berat kertas mulai dari 190gr, 210gr, 230gr, 260gr, 310gr, 350gr, hingga 400gr.

11. Fancy Paper

Fancy Paper adalah jenis kertas beragam warna dan karakteristik. Umum digunakan untuk membuat undangan. Jenis-jenisnya antara lain millenium, jasmine, java emboss, hawaii, dan lain-lain. Ukuran berat kertas mulai dari 80gr, 100gr, 220gr, hingga 300gr.

12. Jasmine

Jenis kertas ini bisa menjadi pertimbangan bila ingin memunculkan kesan mewah pada kartu undangan. Kesan mewah muncul karena karakteristik kertas jasmine yang memiliki butiran gliter di permukaannya. Selain itu, kertas jasmine juga cocok dijadikan amplop untuk keperluan kantor. 

13. Concorde

Kertas concorde adalah jenis kertas yang cocok digunakan untuk kartu nama dan booklet, karena memiliki tekstur yang lembut saat dipegang. Kertas ini terdiri atas berbagai warna dan umumnya dijual per pack dengan isi 20 lembar. Ukuran berat kertas berkisar 160gr, 220gr, dan 250gr. 

14. Kertas Linnen/Buffalo

Jenis kertas bertekstur dengan berbagai pilihan warna dan cukup tebal. Kertas linnen sangat mirip dengan kertas buffalo, bahkan sering dianggap jenis kertas yang sama. Ukuran berat kertas yang umum dipasaran adalah 220gr dan 250gr. Kertas linen sering digunakan untuk cover agenda, notes, atau buku. 

15. Board Paper

Board Paper merupakan kertas yang sangat tebal dan kaku, umumnya tersedia warna cokelat dan kuning. Board paper sendiri termasuk kertas karton hanya ketebalannya bervariasi dari ketebalan 0,4 mm hingga 4,3 mm. Jenis kertas ini biasa digunakan sebagai bahan cover buku. Fungsi lainnya bisa digunakan untuk papan pengumuman di sekolah atau kantor. 

16. Kartas NCR

Kertas NCR (Non Carbon Required) adalah kertas yang difungsikan untuk menyalin tulisan. Masyarakat umum mengenal pula dengan nama kertas karbon, walaupun kertas NCR dibuat untuk mengganti tulisan kertas karbon, kertas ini sangat berguna dalam pembuatan nota, kwitansi atau bukti transaksi lainnya. Kertas NCR ada berbagai warna, bertekstur lembut, dan sangat tipis. 

NCR sering digunakan sebagai bahan untuk membuat nota/bon/faktur rangkap 2 atau rangkap 3,juga sering dipakai pada transkrip nilai kuliah di perguruan tinggi, form pendaftaran, kertas transaksi di bank, arsip-arsip perusahaan dan lain-lain. 

Post a Comment

Post a Comment