HefLdMeicEtUwtueWBWH3PTTkGBfKDvF5ornRJYT
Bookmark

20 Nama Lain Surat Al-Ikhlas

 Assalamualaikum....

20 Nama Lain Surat Al-Ikhlas

Berikut ini adalah 20 nama - nama surat Al-Ikhlas

1. سورة الإخلاص

Dinamakan سورة الإخلاص menurut pendapatnya Imam Qotadah karena surat ini murni untuk Allah Ta'ala, didalamnya tidak menyebutkan urusan duniawi maupun akhirat.

Menurut pendapatnya Imam Abu Sa'id Al-Hanafy Karena orang yang membaca surat Al-Ikhlas akan dibebaskan dari kesengsaraan dunia, sakarotul maut, kegelapan dalam kubur, dan malapetaka hari kiamat.

2. سورة التفريد

3. سورة التجريد

4. سورة التوحيد

Dinamakna dengan 3 nama tersebut karena surat ini hanya menyebutkan sifat - sifat salbiyah, karena barang siapa yang meyakini-Nya maka ia adalah orang yang ikhlas pada agama Allah, dan barang siapa yang meninggal atas-Nya maka ia terbebas dari neraka, karena surat sebelumnya murni dalam mencaci Abu Lahab. Oleh karena itu barang siapa yang membaca surat Al-Ikhlas maka Allah tidak mempersatukan orang tersebut dengan Abu Lahab.

5. سورة النجاة

Dinamakan سورة النجاة karena keselamatan bagi seorang hamba dari berbagai macam bala bencana di dunia dan akhirat itu dengan kalimat tauhid. 

6. سورة الولاية

Dinamakan سورة الولاية karena barang siapa yang mendawamkan membaca surat Al-Ikhlas maka ia termasuk dari golongan para wali dan menguasai kemakrifatan.

7. سورة النسبة

Dinamakan سورة النسبة karena kaum musyrikin mengajukan permintaan kepada Nabi Muhammad SAW, agar menjalin hubungan antara mereka dengan Allah SWT, kemudian Allah menurunkan Surat Al-Ikhlas.

Rasulullah bersabda: Segala hal itu saling terhubung, dan yang terhubung dengan Allah adalah Surat Al-Ikhlas.

8. سورة المعرفة

Diriwatkan dari Abdullah Al-Anshory bahwasanya seorang lelaki sholat dua rokaat dan ia membaca surat Al-Ikhlas, kemudian Rasul bersabda: lelaki ini adalah hamba yang mengenal Tuhannya.

9. سورة الجمال

Rasulullah bersabda: Sesungguhnya Allah itu bersifat Indah dan menyukai segala keindahan. Ada yang bertanya "apa itu sifat keindahan wahai Rasul? Rasulpun menjawab, yaitu Dialah Allah yang Maha Esa, tempat meminta segala sesuatu, Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia (makna surat Al-Ikhlas).

10. سورة المقشقشة

Dinamakan سورة المقشقشة karena pembaca surat Al-Ikhlas akan dibebaskan dari penyakit syirik/musyrik.

11. سورة المعوذة

Dinamakan سورة المعوذة karena Rasul pernah bersabda kepada Sayyidina Utsman ketika ia sakit untuk meminta perlindungan Allah dengan surat Al-Ikhlas, Al-Falak dan An-Nas.

12. سورة الصمد

Dinamakan سورة الصمد karena didalamnya terdapat kalimat الصمد

13. سورة الأساس

Dinamakan سورة الأساس karena ada hadis dari Qotadah dari Anas ra dari Rasulullah SAW bahwa pondasi 7 lapis langit dan 7 lapis bumi adalah ucapan قل هو الله أحد

14. سورة المانعة

Dinamakan سورة المانعة karena Allah berfirman kepada Rasulullah pada malam mi'roj "Aku memberimu Surat Al-Ikhlas dari simpanan - simpanan 'Arsy, surat ini adalah penghalang dari siksa kubur dan penyelamat dari siksa neraka.

15. سورة المحضرة

Dinamakan سورة المحضرة karena para Malaikat akan hadir ketika surat Al-Ikhlas dibaca

16. سورة المنفرة

Dinamakan سورة المنفرة karena para setan akan menyingkir dan kabur ketika surat ini dibaca.

17. سورة براءة

Dinamakan سورة البراءة karena surat Al-Ikhlas membebaskan dari kemusyrikan.

18. سورة المذكرة

Dinamakan سورة المذكرة karena surat ini akan menjadi pengingat bagi yang membacanya bahwa Allah Maha Esa.

19. سورة النور

Dinamakan سورة النور karena Rasulullah bersabda: "segala sesuatu itu mempunyai cahaya dan cahayanya Al-Qur'an adalah قل هو الله أحد

20. سورة الأمان

Dinamakan سورة الأمان karena ada hadis qudsy mengatakan bahwa لااله الاالله adalah benteng-Ku, dan barangsiapa yang masuk di dalamnya, maka amanlah ia dari siksa-Ku (makna surat Al-Ikhlas)

Tambahan

Dikatakan bahwa surat Al-Ikhlas juga dinamakan سورة المقربة, karena surat Al-Ikhlas bisa mendekatkan pembacanya dengan Penciptanya.

Demikianlah 20 nama lain surat Al-Ikhlas, semoga kita selalu diberikan kesehatan dengan barokahnya surat Al-Ikhlas. Amin

Wassalamualaikum... 

Post a Comment

Post a Comment