HefLdMeicEtUwtueWBWH3PTTkGBfKDvF5ornRJYT
Bookmark

Bacaan Sayyidul Istighfar Dan Hikmahnya

 Assalamualaikum...

Sayyidul Istighfar

Kita sebagai manusia biasa tentu keseharian kita tidak terlepas dari salah dan dosa, entah disengaja ataupun tidak. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk memperbanyak istighfar yaitu memohon ampun kepada Allah atas dosa-dosa yang pernah dilakukan, terutama setelah sholat.

Istighfar juga bermacam-macam kalimatnya, namun yang akan saya bagikan adalah Rajanya Istighfar atau biasa disebut Sayyidul Istighfar.

Sayyidul Istighfar ini langsung dari Rasulullah SAW, yang diriwayatkan dari Syaddad Bin Aus RA dan tercatat dalam Hadis Shohih Bukhori.

اَللّٰهُمَّ اَنْتَ رَبِّيْ لَااِلٰهَ اِلَّا اَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَاَنَاعَبْدُكَ وَاَنَاعَلٰي عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ اَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ اَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَليَّ وَاَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَاِنَّهٗ لَايَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلَّااَنْتَ

Allahumma Angta Robbii laa ilaaha illa Angta kholaqtanii, wa ana 'abduka wa ana 'alaa 'ahdika wa wa'dika mastatho'tu a'uudzu bika mingsyarri maa shona'tu abuu u laka bi ni'matika 'alayya wa abuu u bi dzammbii, faghfir lii fa innahuu laa yaghfirudz dzunuuba illa Angta.

Artinya: Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku akan setia pada janjiku pada-Mu semampuku, aku berlindung kepadamu dari segala keburukan yeng telah aku perbuat, aku mengakui-Mu dengan segala nikmat-Mu terhadapku, dan aku mengakui dengan semua dosaku, maka ampunilah aku, karena tidak ada Dzat yang berhak mengampuni segala  dosa kecuali Engkau.

Hikmahnya:

  • Barang siapa yang membaca Sayyidul Istighfar pada waktu sore, kemudian malam harinya ia di taqdirkan meninggal, maka orang tersebut adalah ahli surga
  • Begiotu juga ketika dibaca pada waktu pagi dan kemudian siang harinya ia meninggal, maka ia juga ahli surga.

Itu saja yang bisa saya bagikan, mudah-mudahan bermanfaat.

Wassalamualaikum...

1 comment

1 comment

  • Anonymous
    Anonymous
    23 May 2023 at 11:10
    Sangat bermanfaat
    Reply