HefLdMeicEtUwtueWBWH3PTTkGBfKDvF5ornRJYT
Bookmark

Pengertian dan Perbedaan Jama', Isim Jama', dan Isim Jenis Jama'

Assalamualaikum...

Persamaan dan Perbedaan Antara Jama', Isim Jama', dan Isim Jenis

Mungkin saudara - saudara ada yang belum tahu dan masih bingung tentang Pengertian dan perbedaan antara Jama', Isim Jama' dan Isim Jenis, nahh kali ini saya akan mengungkap satu persatu perbedaan tersebut hehee.

Mari kita ungkap perbedaan dari ketiganya dengan ta'rif dan contoh

Pengertian Jama'

Ketika mendengar kata "Jamak" semuanya pasti tahu bahwa kata tersebut pasti menunjukkan makna lebih dari dua.

Namun, apa kalian tahu ta'rif jama' yang sebenarnya? Inilah ta'rif sebenarnya dari jama'

اَلْجَمْعُ هُوَ مَادَلَّ عَلٰى آحَادِه دِلاَلَةَ تِكْرَارِ الْوَاحِدِ بِالْعَطْفِ

Jama' adalah kata atau lafadz yang bisa menunjukkan bentuk mufrodnya, sebagai bukti bisa dispesifikasi melalui 'athof.

Contoh lafadz الرجال artinya beberapa pria, bisa 3 pria, 4 pria, 5 pria atau lebih, karena pada dasarnya jama' itu menunjukkan makna lebih dari 2.

Mari kita perjelas ta'rif di atas

Lafadz الرجال ini bisa menunjukkan bentuk mufrodnya yaitu lafadz رجل (satu pria), dan lafadz الرجال ini bisa dispesifikasi melalui 'athof menjadi

رجل ورجل ورجل ورجل ورجل

Nahh spesifikasi ini adalah bukti keJAMA'an lafadz الرجال. 

Jadi, setiap lafadz yang bermakna banyak dan ada bentuk mufrodnya serta bisa di spesifikasi melalui 'athof, maka bisa dipastikan bahwa lafadz tersebut adalah JAMA'.

Pengertian Isim Jama'

إِسْمُ الْجَمْعِ هُوَ مَادَلَّ عَلَى أٓحَادِه دِلاَلَةَ الْكُلِّ عَلَى أَجْزَائِه وَالْغَالِبُ أَنْ لاَوَاحِدَ لَه مِنْ لَفْظِه

Isim Jama' adalah kata atau lafadz yang bisa menunjukkan rincian - rinciannya ( spesifikasinya ), sebagai bukti atas keseluruhan dari anggota - anggotanya. Dan umumnya Isim Jama' ini tidak memiliki bentuk mufrod dari lafadznya.

Seperti lafadz قوم artinya golongan / kelompok, misalnya kaum ( kelompok ) Anshor. Nahh kata Anshor ini bisa dispesifikasi atau diperinci, karena didalamnya terdapat banyak orang dan bukan hanya tertuju pada satu orang saja, makanya Anshor ini dinamakan Kaum.

Jadi, setiap kata atau lafadz yang bermakna banyak dan bisa diperinci namun tidak ada bentuk mufrodnya, maka bisa dipastikan bahwa lafadz tersebut adalah Isim Jama'.

Isim Jenis

Isim jenis ini terbagi 2, yaitu isim jenis mufrod dan isim jenis jama'.

Pengertian Isim Jenis Mufrod

اسم الجنس الإفرادي هو ما دل على الماهية لا بقيد قلة أو كثرة

Isim Jenis Mufrod adalah kata atau lafadz yang menunjukkan suatu esensi dan tidak ada keterkaitan antara sedikit atau banyak.

Seperti lafadz ماء artinya air, mau itu sungai, laut, hujan, atau air minum, itu semua disebutnya ماء. Walaupun air sungai lebih sedikit dan air laut lebih banyak tapi tetap disebutnya ماء.

Karena Isim Jenis Mufrod itu tidak mengenal yang namanya sedikit atau banyak. Pokoknya mau air itu sedikit atau banyak, yaaa namanya tetap ماء.

Pengertian Isim Jenis Jama'

اسم الجنس الجمعي هو ما دل على أكثر من اثنين وفرق بينه وبين واحده بالتاء غالبا

Isim Jenis Jama' adalah kata atau lafadz yang bermakna banyak, dan biasanya bisa dibedakan dengan huruf ة pada bentuk mufrodnya.

Seperti lafadz تمر artinya Kurma. Nahh jika ada yang mengatakan تمر, maka bisa dipastikan bahwa kurmanya itu lebih dari 2. Karena jika kurmanya hanya satu, maka jangan katakan تمر, akan tetapi harus ditambahkan huruf ة menjadi تمرة (satu kurma).

Kesimpulan

Persamaan antara Jama', Isim Jama', dan Isim Jenis Jama' adalah :

  • Ketiganya sama sama bermakna banyak

Perbedaan antara Jama, Isim Jama', dan Isim Jenis Jama' adalah

  • Jama' itu ada bentuk mufrodnya dan bisa di spesifikasi dengan athof
  • Isim Jama' tidak ada bentuk mufrodnya, namun bisa dispesifikasi
  • Isim Jenis Jama' walaupun tidak bisa dispesifikasi, tetapi bisa dibedakan dengan tambahan huruf ة pada bentuk mufrodnya.

Catatan

Kalau Isim Jenis Mufrod, itu tidak bisa disamakan atau dibedakan dengan Jama', Isim Jama' atau Isim Jenis Jama', karena Isim Jenis Mufrod tidak menunjukkan dan tidak ada kaitannya dengan makna sedikit atau banyak

Sampai sini mudah - mudahan penjelasan saya bisa dipahami, tapi jika ada yang masih bingung juga, silahkan anda boleh bertanya melalui Kontak.

Referensi : Kitab Hasyiyah Shoban

Wassalamualaikum...

Post a Comment

Post a Comment