HefLdMeicEtUwtueWBWH3PTTkGBfKDvF5ornRJYT
Bookmark

Tutorial I'lal Lafadz أًقَامَ

Tashrif Istilahy Lafadz أًقَامَ

Assalamualaikum...

Lafadz أقام merupakan mauzun yang diikutkan ke wazan fi'il tsulatsy mazid fih warna awal bab ke 1, yakni diikutkan pada wazan أَفْعَلَ, dan termasuk kelompok fi'il bina ajwaf wawu.

Asalnya Lafadz أَقَامَ

Lafadz أَقَامَ ini terkena hukum i'lal, karena asalnya adalah أَقْوَمَ yang mengikuti wazan أَفْعَلَ. Kemudian harokatnya wawu dipindahkan pada huruf Qof, alasannya دفعا للثقل (agar tidak berar saat dibaca) maka menjadi أَقَوْمَ. Karena menurut Qoidah I'lal yang kedua

"Ketika ada huruf Wawu atau Ya dari kelompok fi'il bina ajwaf yang berharokat, sedangkan sebelumnya ada huruf shohih yang sukun, maka harokat dari huruf wawu atau Ya tersebut dipindahkan pada huruf shohih sebelumnya yang bersukun"

Setelah lafadz أَقْوَمَ menjadi أَقَوْمَ, kemudian wawunya diganti alif, karena harokat sebelumnya adalah fathah. Maka jadilah lafadz أَقَامَ.

Dalil huruf wawu diganti dengan alif adalah Qoidah I'lal yang ke 12

"Bahwasanya Wawu dan Ya yang bersukun itu tidak boleh diganti dengan alif, kecuali sukun tersebut bukanlah asal. Misalnya, sukunnya Wawu dan Ya merupakan hasil perpindahan harokat dari huruf sebelumnya"

Nahh wawu sukun yang terdapat pada lafadz أَقَوْمَ ini bukanlah sukun pada asalnya, melainkan sukun dari hasil perpindahan harokat antara huruf Qof dan Wawu. Oleh karena itu, wawunya boleh diganti dengan alif.

Wazannya Lafadz أَقَامَ

Wazannya lafadz أَقَامَ adalah mengikuti wazan dari fi'il tsulatsy mazid fih warna awal bab ke 1, sebagai berikut :

أَفْعَلَ

يُفْعِلُ

إِفْعَالًا

وَمُفْعَلًا

فَهُوَ

مُفْعِلٌ

وَذَاكَ

مُفْعَلٌ

أَفْعِلْ

لَاتُفْعِلْ

مُفْعَلٌ

مُفْعَلٌ

Tashrif Istilahy Lafadz أَقَامَ

Setelah lafadz أَقَامَ di i'lal semuanya, maka tashrifan lafadz أَقَامَ sebagai berikut :

أَقَامَ

يُقِيْمُ

إِقَامَةً

وَمُقَامًا

فَهُوَ

مُقِيْمٌ

وَذَاكَ

مُقَامٌ

أَقِمْ

لَاتُقِمْ

مُقَامٌ

مُقَامٌ

Itulah Tutorial I'lal dan Tashrifan Lafadz أَقَامَ, Insya Allah jika ada kesempatan nanti akan saya I'lal semua tashrifannya.

Wassalamualaikum...

Post a Comment

Post a Comment